Site icon Berita Online Indonesia

SMA Negeri 9 Jakarta Dengan Pelajar Pancasila Dengan Proyek Regu Sigap,Family Empowerment

Jakarta – Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka, Ratusan siswa dari Kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta melaksanakan mengikuti Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila tahap 5 (lima), Family Empoyang dengan mengusung tema “Bersama Keluarga,Kita Bisa” yang dilaksanakan bertempat di SMA Negeri 9 Jakarta, Jl. Halim Perdana Kusuma No.4 13, RT.13/RW.4, Kb. Pala, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Kamis,(07/03/2024).

Dalam kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terssbut juga dilakukan Penyerahan Deklarasi SSK (Sekolah Siaga Kependudukan) oleh Nurdini Wahyuningsih perwakilan dari BKKBN kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Jakarta Albani Zuhdi dan Ketua Komite Sekolah SMA Negeri 9 Jakarta Irfan Abdul Halim selain itu juga digelar penampilan Drama Musikal dari setiap perwakilan Duta Kelas,Lounching dan Bedah Buku Karya Guru dan Siswa di SMA Negeri 9 Jakarta,Launching PIK R dan selain itu juga ada sebanyak 30 Finalis Duta Kelas XI ikut serta dalam penilian untuk menjadi Duta Genre Kelas dan Duta Sekolah.

Dalam Perayaan Project Pancasila di SMA Negeri 9 Jakarta juga di meriahkan juga dengan stand stand bazar dari perwakilan setiap Kelas XI.

Ketua tim perancang Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila sekaligus Ketua Pelaksana Perayaan Project tahap 5 (lima) Dominikus Manek,S.Ag. menyampaikan.

“Jadi hari ini kita melaksanakan kerajaan Project dengan tema family and Power Man,Pemberdayaan Keluarga bersama keluarga,kegiatan ini adalah implementasi kurikulum Merdeka, jadi salah satu jembatan profil pelajar Pancasila, yang temanya itu adalah membangun jiwa dan raga, tapi SMA 9 menterjemahkan dalam satu tema, namanya Regu Sigap artinya Remaja Unggul Bersama Sekolah Siaga Kependudukan, kegiatan hari ini sebenarnya yang pertama itu kita launching Sekolah Siaga Kependudukan, lalu yang kedua launching PIK R, lalu selain dari itu ada pemilihan Duta Genre Kelas itu ada 30 finalis, Lalu ada kegiatan-kegiatan lain yang karena tadi kita menyebutnya pemberdayaan keluarga,maka ada belajar umum dan belajar keluarga, di bazar keluarga itu ada pembagian voucher makanan dan minuman ada 500 voucher, Lalu ada sembako murah, lalu jual pakaian murah.”ujarnya.

Lebih lanjut Dominikus Manek,S.Ag. menyampaikan tujuan dan harapannya dilaksanakan nya Poject Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Yang pertama bahwa anak-anak dengan kurikulum yang baru yaitu kurikulum Merdeka, lalu yang kedua pembentukan remaja unggul,melalui tema ini supaya mereka juga mempersiapkan kesehatannya mentalnya, lalu kemudian yang paling penting adalah bagaimana intelektualnya.”ucapnya.

Nurdini Wahyuningsi Perwakilan dari BKBN keawak media menyampaikan apresiasinya atas inisiatif dari Kepala Sekolah dan Tim SMA 9 Jakarta yang terlebih dahulu untuk meminta pendampingan BKKBN.

“Kami ini kedepannya sangat membutuhkan dari sekolah-sekolah juga yang menjangkau kami terlebih dahulu, karena mungkin keterbatasan kami juga, yang mungkin tidak bisa tahu masalah di sekolahan- sekolahan, tapi dengan inisiatif Pak Albani ini, justru kami yang terinformasi dan sangat mudah mendirikan sekolah Siaga Kependudukan yang remaja,karena dukungan dan komitmen dari kepala sekolah dan timnya seperti itu,sudah banyak juga sekolah telah menjadi sekolah Siaga, Per tahun 2023 ada 68 sekolah siaga kependudukan,Satunya di SMAN 9 ini.”bebernya.

Sedangkan ditempat yang sama Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Jakarta Albaini Zuhdi menyampaikan komentarnya setelah SMA 9 Jakarta tersebut telah masuk menjadi Sekolah Siaga Kependudukan.

“Secara prinsip, ini menjadi harapan kami, karena seperti yang sudah saya selalu sampaikan, bahwa permasalahan remaja itu adalah permasalahan kita semua, mereka dalam kondisi yang sangat membutuhkan rangkulan dari Bapak, Ibu, Guru, Orang tua dan Masyarakat, Kalau bukan kita yang membawa mereka, Maka Saya khawatir mereka akan tumbuh menjadi generasi yang sangat lemah, untuk itu salah satunya adalah kami berupaya menjadikan SMA 9 ini menjadi salah satu dari sekian puluh atau mungkin sekian ratus sekolah siaga kependudukan di Indonesia, yang kedua adalah kita punya aset yang luar biasa, yaitu pertama posisi kita berada di pusat di Jakarta, dan kebetulan tetangga Kami adalah BKKBN pusat, yang dengan luar biasa memberikan dukungan kepada kami, dalam terbentuknya SSK dan pusat informasi konseling remaja, di samping itu Dinas PAPP, yang juga senantiasa mendampingi kami, Harapannya dengan adanya SSK dan PIK R ini, akan tumbuh generasi remaja yang tangguh, maka tema yang kami angkat pada Project P5 ini adalah tentang ketahanan remaja.”ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua Komite Sekolah SMA Negeri 9 Jakarta Irfan Abdul Halim menangapi dengan Project P5 mengenai Sekolah Siaga Kependudukan.

“Saya selaku komite dengan kegiatan perayaan ini, sangat mendukung kegiatan kurikulum Merdeka ini, karena apa peran serta aktif anak-anak, ya dalam melakukan kegiatan seperti yang dilakukan hari ini, mereka diajarkan untuk bagaimana caranya Berwirausaha, mereka diajarkan bagaimana caranya apa Bersosial, ini memang sangat diperlukan untuk anak-anak kita, apa lagi untuk membina bagaimana supaya mereka itu terbentuk sebuah sosialnya jiwa wirausahanya, dan memang luar biasa untuk kurikulum mereka ini dan saya selaku komite sangat mendukung untuk kegiatan-kegiatan seperti ini, tema yang diambil hari ini memang sangat sangat diperlukan juga, untuk anak-anak, karena apa, karena memang banyak anak kurang perhatian dari orang tua, di mana orang tuanya memang sibuk dengan pekerjaannya itu, dengan adanya kegiatan ini, menjadi motivasi bukan kepada anak tersebut bahwasanya tidak menjadi halangan kepada mereka, untuk berbuat baik, berbuat sosial dan berbuat apa melakukan kegiatan di luar yang dibimbing oleh Guru-guru di Sekolah.”tandasnya.

Adapun Pemenang Duta Genre Kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta Tahun 2024 antara lain adalah :

  1. Duta Genre Putra Kelas XI-1 SMA Negeri 9 Jakarta ( Syahrul Fahri ) .
  2. Duta Genre Putri Kelas XI-1 SMA NEGERI 9 Jakarta ( Shafyia Andhiena
    Rasthi).
  3. Duta Genre Putra Kelas XI-2 SMA Negeri 9 Jakarta (Fathur Fajar Ramdhan).
    4.Duta Genre Putri Kelas XI-2 SMA Negeri 9 Jakarta (Roihanah Artanti Veda Joli).
    5.Duta Genre Putra Kelas XI-3 SMA Negeri 9 Jakarta (Dama Kusdianto Putra Prayudi).
    6.Duta Genre Putri Kelas XI-3 SMA Negeri 9 Jakarta (Putri Fifi Anastasya Tampubolon).
    7.Duta Genre Putra Kelas XI-4 SMA Negeri 9 Jakarta (Farrel Madani Putra Hasibuan).
  4. Duta Genre Putri Kelas XI-4 SMA Negeri 9 Jakarta (Nathalia Riyani Ardiana).
  5. Duta Genre Putra Kelas XI-5 SMA Negeri 9 Jakarta (Hafiz Wibawa Azzami).
  6. Duta Genre Putri Kelas XI-5 SMA Negeri 9 Jakarta (Siti Hajjar).
  7. Duta Genre Putra Kelas XI-6 SMA Negeri 9 Jakarta (Kiagus Muhammad Fakhri Rezani ).
    12.Duta Genre Putri Kelas XI-6 SMA Negeri 9 Jakarta (Chelsy Cahya Putri).
  8. Duta Genre Putra Kelas XI-7 SMA Negeri 9 Jakarta (Adika Putra Pangestu).
  9. Duta Genre Putri Kelas XI-7 SMA Negeri 9 Jakarta (Fitrah Nur Azizah).
  10. Duta Genre Peduli Putra 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Panji Alfaidz Kelas XI-7 ).
  11. Duta Genre Peduli Putri 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Fitrah Nur Azizah Kelas XI-7).
  12. Duta Genre Motivator Putra 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Zannardi Satrio Wibowo Kelas XI-7).
  13. Duta Genre Motivator Putri 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Widuri Novella Ara Kelas XI-7).
  14. Duta Genre Inspiratif Putra 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Agus Setiawan Kelas XI-1).
  15. Duta Genre Inspiratif Putri 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Raissa Fakhrani Ryanti Gunawan Kelas
    XI-4).
    21.Terbaik 3 Putra Duta Genre Sekolah 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Muhammad Raafi Ilham Kelas XI-2).
    22.Terbaik 3 Putri Duta Genre Sekolah 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Raisya Charlotte Wijaya Kelas
    XI-2).
  16. Terbaik 2 Putra Duta Genre Sekolah 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Hafiz Wibawa Azzami Kelas XI-5).
  17. Terbaik 2 Putri Duta Genre Sekolah 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Ezra Shanti Sianipar Kelas XI-5).
  18. Terbaik 1 Putra Duta Genre Sekolah 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Satryo Wiratomo Putro Kelas XI-1).
  19. Terbaik 1 Putri Duta Genre Sekolah 2024 SMA Negeri 9 Jakarta (Kasyifa Syahdin Hudanayla Kelas XI-1).
Exit mobile version