Site icon Berita Online Indonesia

SMPN 246 Jakarta Timur Study Tour Ke Gedung MPR DPR RI

Jakarta, Adijaya.web.id – Jakarta -Dalam rangka melaksanakan projeck P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan untuk memperkenalkan kepada para peserta didik, Apa fungsi, tugas dan wewenang MPR RI, DPR RI dan DPD RI, SMPN 246 Jakarta Timur bersama dengan Komite Sekolah menggelar study tour ke Gedung MPR DPR RI yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Senayan,Kota Jakarta Pusat,Senin,(29/01/2024).

Adapun siswa yang ikut dalam study tour tersebut berasal dari Kelas 8 (Delapan) yang berjumlah kurang lebih 135 siswa juga didampingi oleh Pendidik berjumlah 10 orang dan dari Komite Sekolah berjumlah 5 orang.

Tampak ikut dalam rombongan study tour tersebut Iman Budi Prayitno.S.Ag
Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesisawan yang mewakili Kepala Sekolah SMPN 246 Uripto,M.Pd dan Ketua Komite Sekolah SMPN 246 Jakarta Anandhela Heni M. Sindar.

Rombongan study tour SMPN 246 Jakarta tersebut langsung diterima oleh Ibu Yenita dan Bapak Achmad Fahrobi dari Biro Humas MPR-RI bersama staf lainya.

Untuk kunjungan pertamanya siswa diajak ke Perpustakan MPR RI yang terletak di Bawah Gedung Nusantara IV disana para siswa diperkenalkan dengan jumlah koleksi buku Perpusatakan MPR RI, pengenalan koleksi buku berbentuk digitalisasi atau e-book didalam perpustakaan digital atau disebut e-library,para siswa juga diberikan informasi tentang tata tertib berkunjung dan cara peminjaman atau pemakaian buku di perpustakaan MPR RI.

Setelah mengunjungi Perpustakan MPR RI kemudian para peserta study tour mengunjungi Gedung Nusantara V atau dalam bahasa sansekerta bernama Grahakarana, disana para peserta diperkenalkan sejarah MPR DPR RI berserta fungsi,wewenang dan tugasnya,para siswa juga di perkenalkan yang menduduki jabatan Ketua MPR RI,dan juga para siswa dikenalkan tentang Gedung Gedung yang ada di Komplek Rumah Wakil Rakyat tersebut dan para siswa juga diberikan kuis oleh pihak humas dengan hadiah sovenir, dengan syarat para siswa dapat menjawab pertanyaan yang diberikan pihak Humas MPR DPR RI yang mengenai Ideologi Pancasila,Pembukaan UUD 1945,dan juga tentang 4 Pilar MPR,Sumpah Pemuda juga mengenai kedudukan, fungsi,tugas dan wewenang MPR DPR dan DPD RI.

Kunjungan terakhir para peserta study tour SMPN 246 Jakarta di Komplek Parlemen Senayan MPR DPR DPD RI yaitu ke Gedung Nusantara yang merupakan gedung utama dalam komplek MPR/DPR/DPD yang berbentuk kubah dengan bentuk setengah lingkaran yang melambangkan kepakan sayap burung yang akan lepas landas, yang merupakan digunakan untuk persidangan utama MPR, DPR dan DPD seperti sidang Paripurna,sidang Istimewa, pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden dan lain sebagai nya.

Pasca kunjungan,Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswan SMPN 246 Jakarta Iman Budi Prayitno.S.Ag menyampaikan maksud digelarnya study tour itu.

“Alhamdulillah, ini kegiatan yang kita laksanakan sesuai dengan program P5, bahwa kita berusaha dengan komite SMP 246, kita melaksanakan kegiatan kunjungan ke Gedung DPR MPR dalam artian untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik kita yang mudah mudahan kegitan ini akan berkesinambungan kedepanya.”ujarnya.

Lebih lanjut Iman Budi Prayitno.S.Ag mengatakan study tour ke Gedung Parlemen tersebut diikutin hanya untuk Kelas 8 (delapan) saja karena jumlah terbatas.

“Karena memang jumlah peserta terbatas,dan kegiatan study tour ini dengan tema yaitu untuk meningkatkan kecintaan kepada NKRI Indonesia kepada peserta didik agar semakin cinta kepada negara,di mana para siswa jadi tahu dimana Perwakilan Rakyat tersebut bersidang dan sebagainya.”bebernya.

Sedangkan ditempat yang sama Ketua Komite Sekolah SMPN 246 Jakarta Anandhela Heni M. Sindar menjelaskan maksud dari kerjasama komite dan sekolah melaksnakan Study tour tersebut.

“Jadi kegiatan ini termasuk project P5 untuk kelas 8,Sebenarnya sudah kita rencanakan dari Bulan Desember lalu, cuma di Bulan Desember lalu ada beberapa kendala terhalang,akhirnya baru bisa sekarang ini dan Alhamdulillahnya berkat kerjasama dengan sekolah terealisasi lah program P5 ini,untuk anak anak mengenal MPR, DPR dan DPD RI, harapan saya setelah anak-anak mengikuti kegiatan ini, lebih memahami fungsi tujuan MPR dan DPR RI, juga tahu cara pelantikannya, seperti apa, juga tahu seperti apa tugas dan tanggung jawab presiden itu seperti apa.”ucapnya.

Aliya siswi SMPN 246 Kelas 8 C yang merupakan Ketua MPK SMPN 246 Jakarta Timur menyampaikan kesannya selama mengukuti kegiatan study tour di Gedung MPR DPR RI.

“Kita bisa lebih mengenal lebih dalam apa itu MPR DPR dan DPD, kita juga menambah ilmu pengetahuan yang tadinya nggak tahu apa itu MPR DPR dan DPD, jadi bisa tahu lebih dalam lagi kerjanya, Apa fungsi di dalam MPR DPR DPD itu apa saja, Jadi kita bisa tahu.”tandasnya.

.

Exit mobile version