Site icon Berita Online Indonesia

SMPN 246 Jakarta Gelar LDKPD Yang Diikuti Para Siswanya

Jakarta,Adijaya web.id – SMPN 246 Jakarta gelar latihan dasar kepemimpinan peserta didik (LDKPD) yang dikuti siswa siswi Kelas VII dan Kelas VIII selama dua hari dari tanggal 22 – 23 September 2023,yang di gelar di Sekolah SMPN 246 Jakarta,Jl. Damai, RT.6/RW.9, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur,Jumat,(22/09/2023).

Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik (LDKPD) tersebut digelar oleh pihak sekolah untuk melatih anak anak didik untuk bisa berorganisasi dan belajar untuk saling menghargai perbedaan.

Kepala Sekolah SMPN 246 Jakarta Uripto,M.Pd dalam statemennya menyampaikan bahwa kegiatan LDKPD adalah kegiatan rutin yang laksanakan oleh sekolah setiap tahun.

“Kegitaan ini rutin tiap tahun kita adakan bagaimanapun kan pembinaan untuk anak anak,organisasi itukan berjenjang,mungkin kalau di SD belum ada, SMP SMA dan seterusnya jadi sedini mungkin,ya tetap akan diadakan mungkin versinya nya beda-beda, di sekolahan gitu ya,tidak sama persis, tapi setidaknya itu sudah rutin kita lakukan,hanya kebetulan saja,saya baru pertama di sini,kita akan tetap di tempat-tempat sebelumnya ya tetap kegiatan ini dilakukan.” jelasnya.

Uripto.M.Pd Kepala Sekolah SMPN 246 Jakarta juga menjelaskan apa saja yang diajarkan kepada para siswa siswi dalam LDKPD tersebut.

“Isinya tentang kepemimpinan, organisasi, Mungkin Publik Speaking,sebenarnya intinya melatih agar anak anak bisa berorganisasi,dengan berorganisasi itu, mereka belajar untuk saling berbeda. bisa menerima perbedaan,katakanlah tidak seide tapi masih tetap bisa berkawan, jangan jangan sampai tidak se aliran terus saling bermusuhan.” katanya.

Sedangakan Ketua Komite Sekolah SMPN 246 Jakarta Anandhela Heni M. Sindar.

“Intinya saya dari komite sekolah mewakili orang tua murid di SMP 246 ini,mendukung sekali ya kegiatan LDKPD,di mana LDKPD ini sebenarnya sama dengan LDKS hanya perubahan nama saja, jadi di sini tuh melatih anak-anak siswa di SMPN 246 ini untuk menjadi pemimpin yang baik itu seperti apa, cara Public speaking nya seperti apa,seperti itulah kurang lebihnya, jadi untuk komite itu sendiri hanya tim pendukung dan support untuk kegiatan ini.”jelasnya.

Anandhela Heni M. Sindar Ketua Komite Sekolah SMPN 246 Jakarta juga mengharapkan.

“Harapannya nggak sampai berhenti disini,jadi kegiatan LDKPD ini bisa berlanjut dengan tahap yang lebih serius lagi,untuk masalah pemantapan siswa menjelang menjadi ketua OSIS, menjadi Pratama, menjadi calon calon pemimpin yang ada di sekolah, karena kalau ketua OSIS itu sendiri itu kan mukanya sekolah,jadi tampilan yang harus kita berikan itu ya sebaik-baiknya dengan LDKPD ini kita berharap hasilnya akan maksimal.” bebernya.

Smith Kalashnikov Ambarita salah satu perserta didik dari LDKPD yang merupakan siswa SMPN 246 Jakarta memberikan tanggapan nya kegiatan yang sedang diikutinya.

“Ya,Jadi menurut saya calon OSIS rasanya dedekan sekali,masuk belajar tentang organisasi seperti itu,dari pembukaan tadi yang saya terima adalah materi bela negara, di situ saya banyak belajar tentang materi bela negara. di situ saya diajarkan tentang bela negara adalah seperti apa sih syarat-syarat dalam bela negara, seperti Cinta Tanah Air,Patriotisme dan Nasionalisme,dan seterusnya,Semoga saya masuk OSIS dan tetap menjadi Osis sampai Kelas 9 nanti,karena saya berharap agar bisa menjadi Ketua OSIS nantinya.” pungkasnya.

Exit mobile version