Site icon Berita Online Indonesia

Digelar Maret, Muslim LifeFair 2023 Bidik Pasar Kebutuhan Ramadhan

JAKARTA  | Indonesia AdiJaya- Rabu (01/03/2023), pukul 09.30 wib, bertempat di Hotel Green Alia, Senen, Jakarta Pusat diadakan Konferensi Pers persiapan Event Muslim Lifefair 2023. Lima Events bersama dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) kembali menggelar bazaar produk halal dan keuangan syariah, Muslim Life Fair. Gelaran yang diselenggarakan sejak 2019 di sejumlah kota besar tersebut, mengawali rangkaian event tahun ini, di JIEXPO Kemayoran pada 17-19 Maret 2023.

Menempati area seluas 6.000 m², sebanyak 230 booth dari 128 brands dengan berbagai kategori dihadirkan. Mulai dari modest fashion & accessories, kosmetik halal, islamic education, hobbies and communities, islamic book dan publisher, halal travel, kids dan baby products, properti syariah, wedding islami, multi product, islamic finance, hingga kuliner halal by Serlok

Sebagai Narasumber Konferensi Pers, Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Rachmat Marpaung, Putu Rahwidhiyasa dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Nurhannudin dari perwakilan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Membidik momen bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H, Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Rachmat Marpaung mengatakan, Muslim Life Fair menjadi wahana pemasaran yang efektif, terutama untuk produk-produk fashion dan kuliner. “Karena biasanya permintaan untuk kebutuhan produk tersebut meningkat. Karena itu untuk memberikan kegairahan berbelanja, pengunjung disuguhkan beragam promo spesial, seperti Diskon Up to 75%, Buy 2 get 1 product, serta Flash sale product exhibitor selama pameran berlangsung di jam tertentu,” jelasnya.

Rachmat Marpaung menambahkan, “Event ini upaya menggerakkan kembali usaha setelah pandemi. Tahun ini akan diadakan 4 kali, pertama di Jakarta (17-19 Maret 2023), Jogjakarta (9-11 Juni 2023), BSD City (25-27 Agustus 2023), Bandung (3-5 November 2023).

“Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia, ada 42 kabupaten kota, 3 chapter di luar negeri, anggota 48 ribu pengusaha di Indonesia. Muslim Life Fair menjadi ajang untuk berkomunikasi dan saling membantu para pengusaha Muslim Indonesia, ” pungkasnya.

Putu Rahwidhiyasa dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), “Belanja dan arus mudik kembali normal setelah pandemi, sehingga sangat baik untuk pergerakan ekonomi kita.”

“Ada beberapa aspek yang kita lihat, antara lain, aspek Pasar, legalitas standarisasi, akses pembiayaan. Kita telah berhasil membantu membantu pendanaan UMKM kita.”

“Pembiayaan ditahun disalurkan 88 trilyun kepada rekanan UMKM kita. Sertifikat Halal dan bersyariah untuk para pelaku program UMKM juga ditanggung oleh pemerintah. Selain aman, produk kuliner juga dijamin sehat. Kita juga sudah membuat modul untuk pengembangan program UMKM Syariah,” ujarnya.

Nurhannudin dari perwakilan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), “Sertifikat Halal dalam pengajuannya mempunyai 2 mekanisme, Reguler dan Sertifikasi.

“Pelaku usaha bisa membayar sendiri sertifikasi halal mandiri dan bisa juga melalui fasilitasi oleh pemerintah sebagai pelaku usaha atau MK.”

“Prinsip Layanan Jaminan Produk Halal ada 4 , yaitu Mudah (gampang di akses), Murah (pembiayaan terjangkau), Cepat(mengerahkan layanan digitalisasi), Profesional (Menjaga Layanan sesuai dengan SLA yang telah ditetapkan). Dalam Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dikatakan, Produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikas Halal, ” pungkasnya.

“17 Oktober 2024 nanti semua Produk harus bersertifikasi halal. Tahun 2023 ini kami memfasilitasi 1 juta produk untuk di sertifikasi halal, ” ujarnya.

Direktur Lima Events, Deddy Andu menyebut, sebanyak 128 brands yang hadir, sebanyak 43,5 persennya adalah peserta repeater.

“Mereka memiliki konsumen loyal dan reseller yang selalu meng-update perkembangan promo spesial dan model-model terbaru yang biasanya diluncurkan saat pameran,” pungkasnya.

Dengan pemilihan venue di JIEXPO yang lebih luas, Andu optimis pameran ini bisa menarik perhatian lebih 20 ribu pengunjung.

Mengusung tema #NyoKite Kumpul, gelaran Muslim Life Fair di JIEXPO disemarakkan dengan berbagai rangkaian acara menarik seperti bincang santai, bedah buku, workshop parenting, sharing kesehatan, Hijrah Hapus Tatto, kelas ta’aruf, codding competition, story telling, kids activities (playground, coloring, etc), family activities (traditional games,etc), hingga outdoor activity.

Informasi terkait Muslim LifeFair bisa dilihat di Instagram @muslimlifefair dan @indonesiamuslimlifefest.

Untuk pembelian tiket bisa mengakses applikasi @muslimlifeshop.

(JN).

Exit mobile version